Contact Person : 0812 1404 5463 | 0815 5534 5795 | PIN : 583ACC66

Minggu, 05 Oktober 2014

Cara Budidaya Anthurium di Daerah Panas

Banyak anggapan yang mengatakan bahwa anthurium tidak bisa tumbuh di daerah panas atau di dataran rendah. Kendala iklim dan suhu memang seringkali membuat orang berpikir 2 kali untuk budidaya tanaman hias jenis anthurium. Memang benar bahwa tanaman hias jenis anthurium akan sangat sulit untuk tumbuh dan dibudidayakan di daerah panas. Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa disiasati. Berikut tips dan cara budidaya anthurium di daerah panas.

Cara Budidaya Anthurium di Daerah Panas
Pada area terbuka, untuk menghindari sinar matahari secara langsung bisa menggunakan jaring kasa (paranet). Anthurium adalah tanaman hias yang tidak banyak membutuhkan cahaya matahari langsung. Usahakan anthurium hanya terkena 20% sinar matahari saja. Dampak lain dari menanam anthurium di daerah panas adalah, tanaman akan cepat layu. Untuk itu perlu diperhatikan pengairannya, lakukan pengairan secara teratur untuk memenuhi kadar air tanaman anthurium.

Masuk kemasalah teknis, dalam memilih jaring atau paranet, pilihlah yang paranet dengan ukuran 75%.Paranet dengan ukuran ini mempunyai lubang jaring yang kecil sehingga mampu menghalangi sinar matahari masuk mengenai anthurium secara langsung. Tinggi paranet sebaiknya ditempatkan 2-3 meter dari rata-rata tinggi tanaman. Pemasangn terlalu rendah akan membuat sinar matahari masih mengenai daun anthurium, sebaliknya jika terlalu tinggi akan membuat suhu ruangan terlalu panas.

Pada beberapa jenis anthurium seperti black beauty, sangat baik apabila mendapatkan suhu panas diatas rata-rata. Hal tersbut akan membuat daunnya berwarna coklat tajan dan mengkilap.

Penyiraman paling baik dilakukan pada waktu pagi dan sore hari antara jam 7-9 pagi atau 3-5 sore. Dengan perawatan yang tepat dan teratur, niscaya bukan suatu halangan untuk melakukan budidaya tanaman hias anthurium di daerah panas sekalipun.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar